Cara Tetap Nguri-uri Budaya Jawa di Era Revolusi Industri 4.0

Sebagai generasi muda yang hidup di jaman revolusi industri 4.0 atau yang lebih dikenal dengan era digital yang serba mudah dalam mengakses informasi. Nyatanya saat ini generasi muda kita mulai kehilangan budayanya.

Bagi orang jawa, “Wong jawa ilang jawane” mungkin pepatah yang tepat untuk saat ini. Nguri-uri budaya jawa atau melestarikan budaya jawa merupakan tanggung jawab kita bersama agar budaya jawa tidak hilang.

Melestarikan budaya jawa dalam era revolusi industri 4.0 ini, tentunya harus disesuai dengan keadaan zaman. Salah satu caranya dengan menyajikan pentas kesenian dalam bentuk virtual yang ditayangkan di platform jaman now.

Gadhon Seton merupakan acara pentas karawitan virtual yang diselenggarakan oleh Pemkab Magetan demi mengikuti perkembangan jaman now dan tetap mengikuti arahan protokol kesehatan COVID-19. Acara kebudayaan ini disiarkan secara live melalui platform video terkenal Youtube, yaitu Magetan Disparbud Channel . Diharapkan dengan adanya pentas karawitan ini dapat menjadi cara dan jembatan bagi generasi muda untuk tetap melestarikan budaya jaman di tengah kemajuan jaman.

Bagi kamu generasi muda yang ingin tetap melestarikan budaya jawa dan menjaga kebudayaan jawa agar tidak hilang. Kamu dapat menonton atau mengikuti setiap gelaran kebudayaan melalui youtube Disparbud magetan channel untuk event virtual dan pastikan untuk ikut dalam semarak event Kab. Magetan lainnya dengan cek Calendar of event kami.

Back To Top