Pariwisata dan Budaya Magetan

Forkom Pokdarwis Magetan Dorong Kesadaran Masyarakat Akan Potensi Desa Wisata di Magetan

Desa wisata merupakan kawasan yang memiliki potensi dan keunikan daya tarik wisata yang khas. Berwisata di Desa Wisata memberikan pengalaman kehidupan dan tradisi masyarakat pedesaan yang khas dan unik. Hadirnya desa wisata mampu mendorong perekonomian sehingga memberi dampak pengurangan angka urbanisasi. Pengembangan desa wisata tidak dapat dilakukan sendiri, haruslah  terintegrasi dan terkolaborasi dari 5 unsur penting yang disebut pentahelix. Lima unsur pentahelix yaitu: masyarakat (baik komunitas/lembaga kemasyarakatan), pemerintah, industri/swasta, akademisi, dan media massa. Dalam proses awal pembentukan desa wisata, komunitas/lembaga kemasyarakatan berperan dalam pengusulan penetapan desa wisata. Ini harus dilakukan oleh keompok masyarakat diusulkan kepada pemerintah desa melalui musyawarah. Kehadiran mereka memiliki peran sebagai akselerator yang menggerakan, mengembangkan serta mengelola potensi kekayaan alam dan budaya yang dimiliki desa. Dalam perkembangannya, pengelolaan desa wisata terdapat tiga tipe lembaga pengelola yang berlandaskan pada pemberdayaan masyarakat, seperti: Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Koperasi, dan Badan Usaha Desa.

Di Kabupaten Magetan kehadiran forum pokdarwis sangatlah terasa. Forum yang menaungi kelompok sadar wisata tingkat desa ini memberi peran signifikan dalam pengembangan pariwisata, khususnya desa wisata. Kali ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan mengenalkan Forkom Pokdarwis Kab. Magetan. Forum Komunikasi Pokdarwis memiliki tujuan untuk melakukan pendampingan untuk mendorong kesadaran masyarakat terhadap potensi wisata di Magetan. Berikut, arti logo Forkom Pokdarwis Kabupaten Magetan:

  1. Tulisan Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata memiliki arti bahwa Forkom memiliki tugas untuk menaungi seluruh Pokdarwis yang ada di Magetan.
  2. Padi dan Kapas melambangkan kemakmuran bagi seluruh pelaku dan penggiat kepariwisatan di Magetan
  3. Keris melambangkan seluruh anggota Pokdarwis selalu semangat untuk memperjuangkan Busi dan Misi dari Forkom Pokdarwis Magetan
  4. Gunung dan air melambangkan wilayah kerja Pokdarwis di Magetan
  5. Lambang Sapta Pesona merupakan panduan seluruh pokdarwis di Kab. Magetan dalam menjalankan usaha wisata dan kepariwisataan
  6. Tulisan Magetan dalam pita melambangkan wilayah kerja dari Forkom Pokdarwis Magetan.

Maju terus Wisata Magetan. Kita Bangga Magetan.